Breaking News

Wednesday 18 January 2017

Penyebab Bercak Merah Pada Kulit Dan Cara Mengatasinya

Munculnya bercak merah pada kulit mungkin membuat anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada kulit anda. Apalagi jika ditambah dengan rasa perih atau gatal yang mengganggu. Kenali penyebabnya agar dapat segera diatasi sejak dini.

Bercak merah pada kulit atau sering disebut ruam merupakan perubahan pada warna dan tekstur kulit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh beragam hal, mulai dari alergi, infeksi, gangguan sistem kekebalan tubuh, suhu panas, dan pengobatan tertentu. Selain itu, kosmetik tertentu juga dapat menyebabkan timbulnya timbulnya bercak merah pada kulit.

Berikut ini adalah dua penyebab munculnya bercak merah pada kulit, beserta cara mengatasinya.



Dermatis Atopik
Penyebab bercak merah pada kulit yang satu ini merupakan kondisi yang paling umum terjadi. Dermatis atopik atau eksim umumnya muncul di bagian tangan, pergelangan kaki, leher, tungkai, tubuh bagian atas, dan kaki.

Penyebab munculnya eksim atau dermatis atopik belum diketahui dengan jelas. Namun, beberapa kondisi tubuh atau beberapa faktor diperkirakan dapat memicu timbulnya eksim. seperti kulit mudah iritasi, kulit kering, kelainan sistem kekebalan tubuh, variasi gen yang memengaruhi fungsi pelindung kulit, kondisi lingkungan, dan adanya bakteri Stayphylococcus aureus.

Eksim biasanya akan muncul dengan gejala seperti kulit terasa gatal yang sangat mengganggu terutama saat malam hari, kemerahan, bersisik, kulit terasa kasar dan tebal, munculnya benjolan kecil yang berisi cairan dan dapat ditemukan kulit yang bengkak akibat garukan.

Jika anda menemukan beberapa gejala di atas, segeralah periksakan diri ke dokter agar anda dapat segera mendapatkan pengobatan. Dokter biasanya akan meresepkan krim untuk membantu perbaikan kulit, obat antibiotik, dan krim, suntikan, atau obat minum untuk mengontrol radang dan rasa gatal.

Biang Keringat
Bercak merah pada kulit juga dapat disebabkan oleh biang keringat. Biasanya, kondisi ini disertai dengan bintik atau benjolan kecil. Bintik kadang terlihat seperti luka melepuh yang menyebabkan gatal dan pembengkakan ringan. Biang keringat dapat muncul pada bagian paha, dada, leher, wajah, dan bagian tubuh lainnya.

Biang keringat dapat terjadi ketika cuaca panas, lembap, mengenakan baju terlalu tebal atau berlapis-lapis yang menyebabkan tubuh berkeringat cukup banyak namun kelenjar keringat tersumbat. Keringat yang tersumbaat ini dapat menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit. Gejala biang keringat sangat gatal, dan rasa menyengat biasanya dapat lebih parah pada bagian kulit yang tertutup. Karena pada bagian ini umumnya menyebabkan gesekan dan keringat yg berlebih.

Tidak perlu terlalu khawatir jika anda mengalami biang keringat , pasalnya, kondisi ini tidak terlalu memerlukan pengobatan yang spesifik dan dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi, bukan berarti anda tidak dapat segera mengatasinya. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti menghindari kelembapan dan panas yang berlebih, menjaga tubuh agar tidak kepanasan, menggunakan lotion calamine atau krim hydrocortisone.

Bercak merah pada kulit tidak hanya dapat mengganggu penampilan kulit, tapi juga kenyamanan anda dalam beraktivitas. Segera kenali gejala lainnya dan konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Agar ruam dapat segera diketahui penyebabnya dan cepat teratasi.

CB Blogger
Think About Solution Updated at: 08:10

No comments:

Post a Comment

Designed By