Breaking News

Monday 16 January 2017

Cara Mengatasi Rambut Tipis Dan Tidak Sehat


Memiliki rambut tipis terkadang membuat kita tidak percaya diri, khususnya bagi seorang wanita. Karena bagaimanapun rambut adalah sebuah mahkota bagi kaum wanita tetapi tidak sedikit pula para pria yang ingin mempunyai rambut yang tebal dan sehat.



Cara mengatasi rambut tipis



Dalam sehari, normalnya seseorang dapat kehilangan sekitar 100 helai rambut. Namun bagi anda yang mengalami kerontokan , helai rambut yang berkurang tentu akan bertambah. Untuk memberikan perawatan rambut tipis yang tepat anda perlu mengenali penyebabnya.


Rambut yang menipis dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari faktor keturunan, stres, sedang menjalani kemoterapi,  nutrisi buruk, defisiensi vitamin, menopause, kesalahan penataan rambut, hingga beberapa kondisi medis, mungkin akan membutuhkan pengobatan oleh dokter spesialin rambut.


Namun jika rambut tipis yang anda alami disebabkan oleh kesalahan penataan rambut, berikut ini adalah beberapa cara perawatan rambut tipis yang bisa anda lakukan :


1). Ubah Gaya Rambut 

Cara anda menata rambut dapat menjadi pemicu patah atau rontoknya rambut, akibatnya  rambut akan semakin tipis. Hindarilah mengikat rambut dengan karet gelang atau karet rambut yang terlalu kencang. Hindari juga mengepang atau menata rambut yang dapat memberikan tarikan kepada bagian akar rambut.

2). Hindari Terlalu Banyak Menyisir

Selain mengubah gaya rambut, anda juga disarankan untuk mengurangi menyisir rambut anda, jika memang perlu, sisirlah rambut anda secara perlahan. Karena menyisir rambut rambut terlalu sering atau terlalu kuat dapat membuat rambut patah dan terlihat semakin menipis.

3). Hindari Penggunaan Hairdryer Atau Pengering Rambut

Mengeringkan rambut basah menggunakan pengering rambut dapat membuat air yang ada di dalam batang rambut anda menjadi kering secara mendadak dan hal ini lah yang menyebabkan rambut rapuh , begitu juga jika anda mengeringkan rambut menggunakan handuk gerakan menggosok yang kuat dapat menyebabkan penipisan dan perusakan batang rambut.

4).Penuhi Nutrisi Harian Anda

Guna menjaga agar rambut tipis anda tidak semakin menjadi-jadi, cobalah untuk memenuhi asupan nutrisi harian anda. Terutama nutri yang dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan menguatkannya . Misalnya seperti omega 3 yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, protein yang di percaya dapat membantu pertumbuhan rambut serta menguatkan rambut, zat besi untuk mengurangi rambut yang rontok, dan biotin(Vitamin B) membantu mencegah rambut rontok.

5). Kurangi Stres

Stres dapat memberikan pengaruh terhadap kondisi rambut anda, stres yang berlebihan dapat membuat rambut menjadi mudah rontok meskipun anda hanya mencuci dan menyisir rambut seperti biasa dan tidak berlebihan. Meski kondisi rambut akan kembali membaik setelah stres menghilang namun disarankan sebisa mungkin menghindari stres secara berlebihan.

Disarankan untuk konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum memakai produk-produk anti rambut rontok yang dijual bebas. Hal ini dimaksudkan agar penyebab rambut tipis dapat diketahui dengan pasti sehingga pengobatan dan perawatan yang dilakukan tepat dan efektif.


Rambut tipis mungkin bisa membuat percara diri ikut menipis, tapi jangan putus asa dalam mengatasi masalah rambut yang anda alami dan cobalah lakukan beberapa cara di atas. Karena rabut yang sehat dan tebal adalah idaman semua orang .


Sumber : Alodokter
CB Blogger
Think About Solution Updated at: 06:41

No comments:

Post a Comment

Designed By