Breaking News

Tuesday 17 January 2017

5 Cara Mengatasi Ketiak Basah Yang Mengganggu

Ketiak basah akibat keringat yang berlebih bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, simak penjelasan di bawah ini.

Meski keringat berlebihan tidak dianggap berbahaya, namun hal itu perlu mendapat perhatian khusus karena dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Beberapa langkah pengobatan dapat dilakukan untuk mengatasi ketiak basah tersebut.

Sebenarnya, mengeluarkan keringat merupakan upaya tubuh menurunkan suhu secara alami. Misalnya, saat sedang berolahraga atau gugup, maka suhu tubuh meningkat sehingga perlu didinginkan.

Timbulnya keringat yang berlebih tanpa pemicu disebut hyperhidrosis. Umumnya, kondisi ini disebabkan karena kelenjar keringat yang terlalu aktif. Faktanya, hal ini dapat memicu rasa tidak nyaman secara fisik maupun emosional.

Keringat berlebih di sekitar ketiak disebut axillary hyperhidrosis . Hal ini sering membuat penderitanya tidak percaya diri menggunakan pakaian berwarna terang, karena noda keringat dapat tampak jelas atau membuat pakaian bau, terutama yang berbahan sutra bisa cepat rusak.



Untuk mengatasi ketiak basah akibat keringat yang berlebih, ada beberapa cara seperti 

Antiperspirant
Umumnya, produk antiperspirant dijual bebas dan dapat digunakan untuk ketiak serta tangan dan kaki. Selain siang hari saat beraktivitas, produk ini juga dapat digunakan pada malam hari sebelum tidur.

Produk antiperspirant banyak yang mengandung alumunium klorida heksahidrat yang dapat menghambat kelenjar keringat. Namun, ada pula produk antiperspirant yang diperoleh dengan resep dokter. Umumnya produk ini mengandung bahan dasar garam alumunium yang lebih kuat.

Obat-obatan
Obat dapat dikonsumsi untuk mencegah stimulasi dari kelenjar keringat. Obat jenis ini harus melalui resep dokter untuk kasus tertentu, seperti keringat berlebih pada wajah. Tidak semua orang bisa mengonsumsi obat ini sehingga anda perlu konsultasi ke dokter.

Terapi Lontophoresis
Prosedur ini menggunakan mesin khusus yang menggunakan tenaga listrik untuk menurunkan aktivitas kelenjar keringat.. Tetapi prosedur ini lebih sering digunakan pada kaki atau tangan yang berkeringat, dibandingkan pemakaian pada ketiak. Pada terapi lontophoresis, bagian tubuh yang berkeringat akan direndam pada air lalu arus listrik daya rendah akan dialirkan hingga terasa geli. Terapi ini dilakukan selama 10-20 menit. terapi ini tergolong efektif untuk mengurangi keringat berlebih. 

Botox
Botox yang biasa digunakan untuk antikerutan, dianggap lebih efektif dibandingkan obat-obatan dalam mengatasi ketiak basah karena produksi keringat berlebihan. Suntik botox atau botuilnum toxin type A umum digunakan untuk keringat berlebih yang cukup parah pada ketiak. Botox yang disuntik di ketiak akan menghambat saraf yang menstimulasi produksi keringat. Hanya saja, ada efek samping berupa rasa nyeri di lokasi suntik, serta munculnya gejala seperti demam.

Operasi Pada Ketiak
Operasi atau tindakan bedah yang dilakukan yaitu dengan menghilangkan kelenjar keringat pada ketiak. Prosedur ini bisa dilakukan dengan berbagai metode dan dilakukan dengan prosedur bius lokel.

Ketiak basah akibat keringat berlebih memang bukan gangguan kesehatan yang serius. Namun, waspadai juga kemungkinan keringat berlebih yang disebabkan oleh penyakit lain. Konsultasikan dengan dokter untuk penaganan yang terbaik.

Sumber : Alodokter

Untuk saran dan kekurangan dari blog ini bisa anda berikan di kolom komentar dan apabila anda mau request artikel silahkan tinggalkan di komentar .
CB Blogger
Think About Solution Updated at: 23:27

No comments:

Post a Comment

Designed By